(DOC) Contoh Perjanjian Sewa Tanah Resmi

(DOC) Contoh Perjanjian Sewa Tanah Resmi

Contoh Perjanjian Sewa Tanah Resmi

Definisi Perjanjian

Menurut pasal 1313 KUHP (KUHP), perjanjian adalah perbuatan dimana satu orang atau lebih mengikatkan diri pada satu orang atau lebih. Menurut R Subekti dalam bukunya Law of Agreement, mengartikan kesepakatan sebagai suatu peristiwa dimana seseorang berjanji kepada orang lain atau dimana kedua orang tersebut saling berjanji untuk melaksanakan sesuatu. Letter of Agreement itu sendiri memuat banyak hal, salah satunya untuk Leasing Land.

Surat Perjanjian Sewa Tanah tidak bisa dibuat sembarangan / sembarangan, karena surat tersebut akan menjadi alat bukti antara kedua pihak agar tidak ada penyalahgunaan wewenang dalam perjanjian tersebut. Sebelum membuat surat perjanjian sewa tanahAda komponen yang harus diperhatikan dalam membuat atau menyepakati perjanjian sewa lahan, antara lain:

  1. Pihak yang Terlibat
  2. Periode waktu
  3. Kebutuhan
  4. Biaya
  5. pengajuan
  6. Regulasi
  7. Sepakat
  8. Kewajiban
  9. Menjamin
  10. Penghentian Perjanjian
  11. Jangka waktu perjanjian
  12. Penyelesaian sengketa

Dan perlu diingat bahwa karena surat ini memiliki kekuatan hukum, materai Rp. 6000 diperlukan untuk setiap penandatanganan. Dan juga ada baiknya jika perjanjian dibuat rangkap dua untuk PIHAK KESATU dan PIHAK KEDUA dengan setiap surat perjanjian dicap. Berikut ini adalah contoh Perjanjian Sewa Tanah Resmi yang dapat Anda gunakan:

Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah

PERJANJIAN SEWA TANAH

Perjanjian ini dibuat pada _______ hari, tanggal ______ oleh dan antara:

  1. Nama:
    Profesi:
    Alamat:
    Dalam hal ini bertindak untuk dan nama diri sendiri yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.
  2. Nama:
    Profesi:
    Alamat:
    Dalam hal ini bertindak untuk dan nama diri sendiri yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Para Pihak menjelaskan hal-hal berikut sebelumnya:

  • Sepotong tanah kosong milik No ._____ Desa ______ Kecamatan ________ Kabupaten _______ seluas _______m2 dan selanjutnya disebut TANAH.
  • Bahwa PIHAK PERTAMA akan menyewakan TANAH kepada PIHAK KEDUA.

Selanjutnya, para pihak setuju untuk menandatangani Perjanjian Sewa Tanah dengan ketentuan sebagai berikut:

ARTIKEL 1
PERIODE WAKTU

  1. Sewa tanah ini dibuat selama ________ tahun dan dapat diperpanjang dengan persetujuan kedua belah pihak.
  2. Jangka waktu dihitung dari tanggal _______ yang secara otomatis akan berakhir menurut undang-undang pada tanggal ________.

Jika PIHAK KESATU bermaksud untuk memperpanjang masa sewa ini, PIHAK KEDUA wajib memberitahukan PIHAK KESATU secara tertulis selambat-lambatnya ______ bulan setelah Perjanjian ini diakhiri.

SEKSI 2
KEBUTUHAN

Bahwa PIHAK KEDUA akan menggunakan tanah sewaan untuk keperluan _______.

PASAL 3
BIAYA

  1. Sewa tanah dalam Perjanjian ini ditetapkan sebesar _____ Rupiah) per tahun atau Rp. _______ (_______ Rupiah) untuk seluruh masa sewa dan akan dibayarkan oleh PIHAK KEDUA kepada PIHAK PERTAMA pada saat penandatanganan Perjanjian ini sebagai bukti pelunasan seluruh biaya sewa.
  2. Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas jasa persewaan tanah, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan pajak lainnya yang ditetapkan oleh Pemerintah yang timbul dari Perjanjian ini, selama tidak ada peraturan lain mengenai pajak yang akan diberlakukan oleh Pemerintah adalah tanggung jawab dan harus dibayar oleh PIHAK KEDUA.

PASAL 4
PENGAJUAN

PIHAK KESATU akan menyerahkan TANAH kepada PIHAK KEDUA setelah Perjanjian ini ditandatangani. Dan, PIHAK KEDUA menerima penyerahan sesuai dengan kondisi sebenarnya pada hari penyerahan.

PASAL 5
PERATURAN

  1. PIHAK KEDUA tidak akan menggunakan TANAH selain untuk tujuan yang telah disepakati dalam perjanjian ini, kecuali telah diperoleh izin tertulis dari PIHAK PERTAMA.
  2. PIHAK KEDUA diharuskan untuk mematuhi dan mematuhi semua instrumen hukum saat ini dan di masa depan yang ditetapkan oleh otoritas terkait penggunaan lahan. Dan, semua pelanggaran aturan tersebut ditanggung oleh PIHAK KEDUA sepenuhnya.
Baca:  Surat Perjanjian : Pengertian, Syarat dan Contoh

PASAL 6
SEPAKAT

PIHAK KEDUA tidak dapat mengalihkan atau mengalihkan hak sewa berdasarkan Perjanjian ini, baik sebagian atau seluruhnya kepada orang lain, kecuali atas izin tertulis dari PIHAK PERTAMA.

PASAL 7
KEWAJIBAN

  1. PIHAK KEDUA berkewajiban untuk menjaga TANAH yang disewakan dengan sebaik-baiknya dengan biaya perawatan dan biaya oleh PIHAK KEDUA.
  2. PIHAK KEDUA tidak diperbolehkan membuat lubang bor, bangunan atau penggalian lainnya di atas tanah yang disewakan tanpa izin tertulis dari PIHAK PERTAMA.
  3. Setelah Perjanjian Sewa ini berakhir, PIHAK KEDUA wajib mengembalikan tanah yang telah disewakan dalam kondisi kosong dan terawat.

PASAL 8
MENJAMIN

PIHAK KESATU menjamin bahwa apa yang disewakan dalam Perjanjian ini kepada PIHAK KEDUA adalah milik hukum PIHAK KESATU, bebas dari sengketa atau tidak dalam keadaan disewakan atau dijual kepada pihak lain.

PASAL 9
PENGHENTIAN PERJANJIAN

Jika PIHAK KEDUA memutuskan hubungan sewa berdasarkan Perjanjian ini sebelum berakhirnya masa sewa, PIHAK KEDUA harus memberi tahu PIHAK PERTAMA setidaknya ________ bulan. Dan, untuk alasan tersebut PIHAK KEDUA tidak berhak untuk menuntut pengembalian uang sewa yang telah dibayarkan kepada PIHAK KESATU atau menuntut ganti rugi atas semua biaya yang dikeluarkan oleh PIHAK KEDUA untuk masa sewa yang belum dinikmati PIHAK KEDUA.

PASAL 10
JANGKA WAKTU PERJANJIAN

  1. Perjanjian ini tidak berakhir, karena salah satu pihak telah meninggal dunia, tetapi bersifat turun-temurun, dan harus ditaati oleh ahli waris dan ahli waris masing-masing pihak.
  2. Perjanjian ini juga tidak berakhir jika tanah dalam Perjanjian ini dijual atau karena alasan apapun juga menjadi milik atau kendali pihak lain. Dalam hal ini, pemilik baru dari tanah tersebut masih berkewajiban untuk melaksanakan Perjanjian ini.

PASAL 11
PENYELESAIAN SENGKETA

Dalam hal terjadi perselisihan di kemudian hari, Para Pihak akan menyelesaikannya melalui musyawarah untuk mufakat. Dan jika penyelesaian musyawarah gagal, Para Pihak setuju untuk memilih domisili yang sah dan tetap di Kantor Panitera Pengadilan __________.

Dengan demikian Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani sebagai bukti yang sah pada tanggal yang disebutkan di awal Perjanjian ini.

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA

____________ ___________

SAKSI

___________

Unduh Contoh Perjanjian Sewa Lahan (Doc Word)

Berikut ini adalah contoh file dokumen Perjanjian Sewa Tanah yang telah kami susun dengan rapi untuk Anda unduh dan dapat digunakan:

Pemuat
Memuat …

Logo EAD
Terlalu lama?

Muat ulang Muat ulang dokumen

|

Buka Buka di tab baru

Unduh [18.20 KB]

Baca juga:
Contoh perjanjian jual beli tanah formal
Contoh Perjanjian Jual Beli Rumah Resmi

5
/
5
(
2

suara
)

Contoh Post (DOC) dari Perjanjian Sewa Tanah Resmi muncul pertama kali di Nekopencil.

Share