(DOC) Contoh Perjanjian Jual Beli Tanah Resmi

(DOC) Contoh Perjanjian Jual Beli Tanah Resmi

Contoh perjanjian jual beli tanah formal

Definisi Perjanjian

Menurut pasal 1313 KUHP (KUHP), perjanjian adalah perbuatan dimana satu orang atau lebih mengikatkan diri pada satu orang atau lebih. Menurut R Subekti dalam bukunya Law of Agreement, mengartikan kesepakatan sebagai suatu peristiwa dimana seseorang berjanji kepada orang lain atau dimana kedua orang tersebut saling berjanji untuk melaksanakan sesuatu. Letter of Agreement itu sendiri memuat banyak hal, salah satunya untuk jual beli tanah.

Perjanjian Jual Beli Tanah merupakan dokumen perjanjian antara penjual dan pembeli yang memuat kewajiban dan hak masing-masing pihak dalam proses transaksi jual beli tanah. Sebelum membuat perjanjian jual beli tanah, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat atau menyetujui perjanjian jual beli tanah, antara lain:

  1. Harga dan metode pembayaran
  2. Menjamin
  3. Ketentuan Perjanjian
  4. Penyerahan Tanah
  5. Status kepemilikan
  6. Balik nama
  7. Biaya
  8. Penyelesaian sengketa

Dan perlu diingat bahwa karena surat ini memiliki kekuatan hukum, materai Rp. 6000 diperlukan untuk setiap penandatanganan. Dan juga ada baiknya jika perjanjian dibuat rangkap dua untuk PIHAK KESATU dan PIHAK KEDUA dengan setiap surat perjanjian dicap. Berikut adalah contoh perjanjian jual beli tanah legal yang dapat Anda gunakan:

Contoh perjanjian pembelian tanah formal

PERJANJIAN PENJUALAN DAN PEMBELIAN TANAH

Perjanjian Jual Beli ini dibuat pada hari _______, tanggal ______ oleh dan antara:

  1. Nama:
    Usia:
    Profesi:
    Alamat:
    Dalam hal ini bertindak untuk dan nama diri sendiri yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.
  2. Nama:
    Usia:
    Profesi:
    Alamat:
    Dalam hal ini bertindak untuk dan nama diri sendiri yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Para Pihak pertama kali menjelaskan:

  • Sedangkan PIHAK KESATU adalah pemilik sah dari tanah hak milik yang terletak di _________ seluas ________ m2 (_______ meter persegi) yang selanjutnya dijelaskan dalam Gambar Situasi Nomor _____ tanggal _____).
  • Bahwa PIHAK PERTAMA bermaksud untuk menjual tanah tersebut kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA dengan ini ingin membeli dari PIHAK PERTAMA.

Selanjutnya Para Pihak menyetujui dan mengikatkan diri dalam Perjanjian Jual Beli Tanah dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

Artikel 1
HARGA DAN METODE PEMBAYARAN

  1. Harga jual beli tanah ditetapkan Rp. _______ (________ Rupiah).
  2. Cara pembayaran harga jual dan pembelian tanah adalah sebagai berikut:
    1. Sebesar Rp. ______ (______ Rupiah) telah dilunasi sebelum penandatanganan Perjanjian ini dan oleh karenanya telah diberikan tanda terima yang sah dalam bentuk tanda terima.
    2. Saldo dibayarkan pada saat penandatanganan Perjanjian ini oleh Para Pihak, dan Perjanjian ini berlaku sebagai tanda penerimaan hukumnya.

Seksi 2
MENJAMIN

PIHAK KESATU menjamin PIHAK KEDUA bahwa apa yang dijual / dialihkan haknya dalam Perjanjian ini merupakan hak PIHAK PERTAMA, bebas dari sitaan, tidak diasuransikan dengan cara apapun, belum dijual kepada orang lain. Dan mengenai hal ini sekarang atau di masa mendatang, PIHAK KEDUA tidak akan menerima klaim apapun dari pihak lain yang mengklaim memiliki hak atau kepemilikan saham sebelumnya atas apa yang telah dialihkan hak tersebut. Dan, oleh karena itu PIHAK KEDUA akan dibebaskan oleh PIHAK PERTAMA dari segala tuntutan apapun dari pihak lain terkait hal tersebut.

Baca:  (DOC) Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Resmi

Pasal 3
PERJANJIAN PERJANJIAN

Perjanjian ini tidak akan berakhir karena salah satu pihak telah meninggal dunia, namun tetap turun-temurun dan harus ditaati oleh ahli waris atau penerima hak masing-masing.

Pasal 4
PENYERAHAN TANAH

PIHAK PERTAMA akan menyerahkan tanah kepada PIHAK KEDUA selambat-lambatnya _____ hari setelah PIHAK KEDUA melunasi semua pembayarannya.

Pasal 5
STATUS KEPEMILIKAN

Tanah beserta segala kelebihan dan kekurangannya telah dialihkan dari PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA sejak penandatanganan Perjanjian ini, dan dengan demikian hak kepemilikan tanah sepenuhnya menjadi milik PIHAK KEDUA.

Pasal 6
BALIK NAMA

PIHAK KESATU dengan ini memberikan kuasa penuh kepada PIHAK KEDUA yang tidak dapat dicabut oleh PIHAK KESATU, untuk dan atas nama PIHAK KESATU untuk melaksanakan hak atas nama apapun yang ada di dan / atau yang dapat dilakukan PIHAK KESATU sebagai penguasaan Tanah.

Pasal 7
BIAYA

  1. Biaya dan ongkos yang terkait dengan pengalihan hak atas Tanah dari PIHAK PERTAMA ke PIHAK KEDUA akan ditanggung sepenuhnya oleh PIHAK KEDUA.
  2. PIHAK PERTAMA bersedia membayar segala jenis pajak, retribusi dan retribusi yang berkaitan dengan tanah sebelum tanah tersebut diserahkan kepada PIHAK KEDUA.
  3. Setelah Penyerahan Tanah oleh PIHAK KESATU kepada PIHAK KEDUA, segala macam pajak, biaya dan retribusi atas Tanah menjadi kewajiban dan tanggung jawab PIHAK KEDUA.

Pasal 8
PENYELESAIAN SENGKETA

  1. Kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan sengketa tersebut dengan cara musyawarah untuk mufakat.
  2. Apabila musyawarah ini tidak menghasilkan kesepakatan tentang cara menyelesaikan perselisihan, maka kedua belah pihak sepakat untuk memilih tempat tinggal bersama dan permanen di Kantor Panitera Pengadilan Negeri _________.

Dengan demikian perjanjian ini dibuat dengan itikad baik untuk ditaati dan dilaksanakan oleh kedua belah pihak, dibuat dalam 2 (dua) rangkap asli, masing-masing dengan bunyi yang sama, bermeterai cukup, dan memiliki kekuatan hukum yang sama untuk digunakan sebagaimana mestinya.

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA

_____________ ___________

SAKSI – SAKSI

_____________

Unduh contoh perjanjian jual beli tanah (doc Word)

Berikut ini adalah file dokumen perjanjian jual beli tanah yang telah kami susun dengan rapi untuk anda unduh dan dapat digunakan secepat mungkin:

Pemuat
Memuat …

Logo EAD
Terlalu lama?

Muat ulang Muat ulang dokumen

|

Buka Buka di tab baru

Unduh [25.60 KB]

5
/
5
(
1

Pilih
)

Postingan (DOC) Contoh Perjanjian Jual Beli Tanah Resmi muncul pertama kali di Nekopencil.

Share