(DOC) Contoh Perjanjian Hutang Akun Resmi

(DOC) Contoh Perjanjian Hutang Akun Resmi

Definisi Perjanjian

Menurut pasal 1313 KUHP (KUHP), perjanjian adalah perbuatan dimana satu orang atau lebih mengikatkan diri pada satu orang atau lebih. Menurut R Subekti dalam bukunya Law of Agreement, mengartikan kesepakatan sebagai suatu peristiwa dimana seseorang berjanji kepada orang lain atau dimana kedua orang tersebut saling berjanji untuk melaksanakan sesuatu. Letter of Agreement sendiri memuat banyak hal, salah satunya untuk masalah Piutang Usaha atau Hutang Pinjaman.

Surat Perjanjian Piutang atau Hutang Pinjaman tidak boleh dibuat sembarangan, karena surat tersebut akan menjadi bukti antara kedua pihak agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang dalam perjanjian. Sebelum membuat Surat perjanjian Piutang atau Hutang Pinjaman, ada komponen yang harus diperhatikan dalam membuat atau menyepakati Perjanjian Piutang atau Uang Pinjaman yang termasuk dalam pasal-pasal yang termasuk dalam surat tersebut, antara lain:

  1. Total Hutang
  2. Pembayaran
  3. Bunga (jika ada)
  4. Pelanggaran
  5. Hal yang tidak diinginkan
  6. Biaya Penagihan
  7. Biaya lainnya
  8. Penyelesaian sengketa

Dan perlu diingat bahwa karena surat ini mempunyai kekuatan hukum, materai Rp. 6.000 untuk setiap penandatanganan. Dan juga ada baiknya jika perjanjian dibuat rangkap dua untuk PIHAK KESATU dan PIHAK KEDUA dengan setiap surat perjanjian dicap. Berikut adalah contoh perjanjian pinjaman atau pinjaman resmi yang dapat Anda gunakan:

Contoh Surat Perjanjian Piutang

PERJANJIAN HUTANG

Perjanjian ini dibuat pada _______ hari, tanggal ______ oleh dan antara:

  1. Nama:
    KTP No:
    Profesi:
    Alamat:
    No Telepon :
    Dalam hal ini bertindak untuk dan nama diri sendiri yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.
  2. Nama:
    KTP No:
    Profesi:
    Alamat:
    No Telepon :
    Dalam hal ini bertindak untuk dan nama diri sendiri yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Dengan ini menyatakan bahwa PIHAK KESATU telah secara sah dan benar berhutang uang pinjaman kepada PIHAK KEDUA sebesar Rp. ___________ (_____________ Rupiah).

PIHAK KESATU mengetahui telah menerima sejumlah uang secara lengkap dari PIHAK KEDUA sebelum penandatanganan Perjanjian ini, sehingga Surat Perjanjian ini diakui oleh kedua belah pihak dan berfungsi sebagai tanda terima yang sah. PIHAK KEDUA dengan ini menyatakan telah menerima pengakuan hutang dari PIHAK KESATU tersebut di atas.

Selanjutnya, Para Pihak setuju untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian Piutang ini dan melanjutkan dengan syarat dan ketentuan berikut:

ARTIKEL 1
PEMBAYARAN

PIHAK PERTAMA berjanji akan membayar uang pinjaman sebesar Rp. _________ (__________ Rupiah) paling lambat pada hari bahasa, tanggal _______ untuk PIHAK KEDUA.

SEKSI 2
BUNGA

  1. PIHAK KESATU wajib membayar bunga pinjaman sebesar ___% (___________ persen) atau sejumlah Rp .________ (__________ Rupiah) per bulan sampai pelunasan hutang PIHAK KESATU.
  2. Pembayaran bunga akan dilakukan oleh PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA setiap tanggal _____ bulan berjalan selama berlakunya Perjanjian ini.
  3. Pembayaran oleh PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA akan dilakukan melalui Rekening PIHAK KEDUA di Bank ________ dengan nomor rekening _____________.
Baca:  (DOC) Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Usaha Resmi

PASAL 3
PELANGGARAN

Jika PIHAK KESATU lalai atau tidak dapat memenuhi seluruh kewajibannya sebagaimana diatur dalam Surat Perjanjian ini dan atau jika terdapat pelanggaran oleh PIHAK KESATU atas salah satu atau lebih kewajibannya sebagaimana tercantum dalam surat perjanjian ini, PIHAK KEDUA memiliki hak untuk menagih semua pinjaman uang yang terhutang meskipun jatuh tempo perjanjian ini belum tercapai.

PASAL 4
HAL YANG TIDAK DIINGINKAN

PIHAK KEDUA berhak untuk menagih semua hutang PIHAK PERTAMA sekaligus jika:

  1. PIHAK KESATU meninggal dunia sebelum tanggal jatuh tempo perjanjian ini, kecuali jika ahli waris PIHAK KESATU sanggup dan bersedia untuk memenuhi kewajiban PIHAK KESATU sebagaimana tercantum dalam Surat Perjanjian ini.
  2. PIHAK KESATU dinyatakan pailit atau pailit oleh Pengadilan sebelum tanggal jatuh tempo perjanjian ini tercapai.

PASAL 5
BIAYA PENAGIHAN

Semua biaya penagihan hutang yang disebutkan di atas, termasuk biaya juru sita dan biaya kuasa PIHAK KEDUA untuk menagih hutang menjadi tanggungan dan harus dibayar oleh PIHAK PERTAMA.

PASAL 6
BIAYA LAIN

Biaya pembuatan Surat Perjanjian ini dan segala biaya yang berkaitan dengan pinjaman uang terutang di atas menjadi tanggungan dan harus dibayar oleh PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA.

PASAL 7
PENYELESAIAN SENGKETA

Dalam hal terjadi perselisihan di kemudian hari, Para Pihak akan menyelesaikannya melalui musyawarah untuk mufakat. Dan jika penyelesaian musyawarah gagal, Para Pihak sepakat untuk memilih domisili yang sah dan tetap di Kantor Panitera Pengadilan Negeri __________.

Dengan demikian Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani sebagai bukti yang sah pada tanggal yang disebutkan di awal Perjanjian ini. Surat perjanjian ini dibuat di atas kertas dengan bahan yang cukup ditandatangani dan dibuat rangkap dua dengan kekuatan hukum yang sama dan masing-masing dipegang oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA

____________ ___________

SAKSI

___________

Unduh Contoh Surat Perjanjian Hutang (Doc Word)

Berikut ini adalah contoh file dokumen Perjanjian Piutang Usaha yang telah kami susun dengan rapi siap untuk anda download dan dapat digunakan:

Pemuat
Memuat …

Logo EAD
Terlalu lama?

Muat ulang Muat ulang dokumen

|

Buka Buka di tab baru

Unduh [18.14 KB]

5
/
5
(
1

Pilih
)

Contoh post (DOC) dari perjanjian hutang resmi muncul pertama kali di Nekopencil.

Share