Contoh Surat Pengunduran Diri: Definisi LENGKAP, Struktur, dan Tip

Contoh Surat Pengunduran Diri: Definisi LENGKAP, Struktur, dan Tip

surat pengunduran diri / surat pengunduran diri

Terkadang ketika Anda sudah bekerja di suatu tempat, terutama sebuah perusahaan, Anda ingin mengundurkan diri atau meninggalkan pekerjaan karena alasan yang mendesak atau pilihan pekerjaan yang lebih baik. Sebelum Anda pergi atau mengundurkan diri, Anda harus bersiap surat pengunduran diri (surat pengunduran diri) pertama untuk diberikan kepada pimpinan atau HRD di tempat kerja.

Ketika Anda meninggalkan atau mengundurkan diri dari tempat kerja Anda dan memberikan surat pengunduran diri, itu akan memberikan kesan dan alasan yang baik dan tetap menghormati atasan Anda yang mengundurkan diri dari suatu perusahaan.

Sebelum membuat surat pengunduran diri sebaiknya ketahui struktur dan tips cara membuat surat pengunduran diri agar tidak salah sehingga menimbulkan kesan yang buruk di hadapan pimpinan atau HRD. Oleh karena itu, mari kita bahas lebih dalam tentang surat pengunduran diri beserta contohnya.

Definisi Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri adalah surat yang dibuat oleh seorang pekerja yang akan diperlihatkan kepada atasannya dengan pernyataan pengunduran dirinya dari pekerjaannya.

Karena surat pengunduran diri merupakan bagian dari surat resmi, maka surat pengunduran diri harus menggunakan bahasa resmi saat pembuatannya. Dan surat pengunduran diri akan terlihat lebih sopan jika ditulis tangan daripada diketik, padahal surat pengunduran diri merupakan bagian dari surat formal.

Surat pengunduran diri juga memiliki beberapa unsur yang harus dicantumkan di dalamnya, misalnya;

  1. Awalan ("Yth.")
  2. Identitas penulis (nama lengkap, judul, lama bekerja).
  3. Alasan logis atau tepat untuk mengundurkan diri.
  4. Akhiran ("Terima Kasih")

Struktur dalam Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri pada umumnya mirip dengan surat lamaran kerja, hanya saja terdapat perbedaan mengenai maksud dan isi kedua surat tersebut. Surat pengunduran diri biasanya terdiri dari beberapa elemen dimana hal-hal seperti; tempat dan tanggal pembuatan, nama dan alamat tujuan, isi surat, serta tanda tangan di atas materai.

Namun di setiap perusahaan biasanya memiliki formatnya sendiri-sendiri, sehingga formatnya bisa berbeda-beda tergantung apa yang di keluarkan di masing-masing perusahaan.

Tips Membuat Surat Pengunduran Diri

Tidak hanya struktur yang harus diperhatikan dalam menyusun surat pengunduran diri, namun perlu juga diperhatikan bahwa penulisan surat pengunduran diri harus menggunakan etika yang berlaku.

Baca:  Kalimat Undangan: Definisi, Jenis, dan Contoh

Penulis harus memperhatikan antara lain:

  1. Dimulai dengan tribute "Dear."
  2. Surat itu harus singkat dan padat.
  3. Tidak boleh memberikan kesan buruk pada perusahaan.
  4. Harus menyertakan alasan logis untuk mengundurkan diri.
  5. Jangan lupa mengucapkan terima kasih atas pekerjaan yang telah diberikan.
  6. Akan lebih baik jika Anda menyertakan kenang-kenangan sebagai ucapan terima kasih.

Jika Anda menggunakan etika yang tercantum di atas, atasan atau perusahaan Anda akan melihat Anda sebagai pekerja yang baik yang akan berdampak ketika Anda melamar pekerjaan baru.

Contoh surat pengunduran diri

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri atau surat pengunduran diri dalam beberapa cara yang dapat digunakan dan Anda dapat mengunduhnya dalam format dokumen Microsoft Word:

Contoh Pengunduran Diri Pekerjaan (1)

Jakarta, 17 Maret 2021

Terhormat,
Manajer HRD
PT. …………………….

Alamat perusahaan
………………………
INDONESIA

Hormat kami,

Melalui surat ini, saya ……………………… (Nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari …………………………. (Nama Perusahaan Tempat Kerja) sebagai ………………………………. (Jabatan Terakhir di Perusahaan), terhitung sejak tanggal ………………………. (tanggal pengunduran diri Anda).

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di …………………… .. (Nama perusahaan tempat Anda bekerja). Saya juga mohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen ……………………… .. (Nama perusahaan tempat saya bekerja) jika ada kesalahan yang saya lakukan selama bekerja.

Semoga …………………………… (Nama Perusahaan) dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Salam Hormat,

(Nama lengkap)

Pemuat
Memuat …

Logo EAD
Terlalu lama?

Muat ulang Muat ulang dokumen

|

Buka Buka di tab baru

Unduh [12.82 KB]

Contoh Pengunduran Diri Pekerjaan (2)

Unduh [12.88 KB]

Contoh Pengunduran Diri Sekolah

Pemuat
Memuat …

Logo EAD
Terlalu lama?

Muat ulang Muat ulang dokumen

|

Buka Buka di tab baru

Unduh [13.06 KB]

Surat Pengunduran Diri Karena Pekerjaan Lain

Pemuat
Memuat …

Logo EAD
Terlalu lama?

Muat ulang Muat ulang dokumen

|

Buka Buka di tab baru

Unduh [13.00 KB]

Surat Pengunduran Diri dalam Organisasi Kampus

Unduh [13.92 KB]

5
/
5
(
2

suara
)

Share