Contoh Pidato: Definisi, Isi, Jenis, Fungsi dan Tujuan

Contoh Pidato: Definisi, Isi, Jenis, Fungsi dan Tujuan

contoh pidato

Definisi Pidato

Tutur kata adalah kegiatan berbicara di depan umum atau berpidato untuk mengungkapkan pendapat atau memberi gambaran yang berisi informasi tentang sesuatu yang ingin disampaikan kepada banyak orang.

Apakah Anda pernah menjadi pemimpin kelompok dalam diskusi di sekolah atau di organisasi mana pun? Pemimpin dalam suatu kelompok harus memiliki jiwa kepemimpinan. Salah satu skill yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah kemampuan berpidato, karena biasanya pidato pada umumnya digunakan oleh seorang pemimpin untuk berpidato dan memimpin di depan banyak bawahannya atau di depan banyak orang. Saat memberikan pidato, itu perlu ahli pidato dan hadirin. Ahli pidato adalah orang yang berpidato hadirin adalah orang yang mendengarkan orator memberikan pidato.

Pidato juga merupakan sapaan yang terstruktur dengan baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Teks pidato biasanya memuat tema-tema tertentu, misalnya teks pidato tentang menyambut hari raya, pidato penyemangat, pidato tentang peringatan pergerakan sejuta pohon, dan teks pidato lainnya.

Isi Teks Pidato

Seseorang yang menguasai teks pidato dengan baik tentunya akan terlihat dari cara orang tersebut menyampaikan pidatonya di depan audiens. Agar khalayak memahami informasi yang disampaikan oleh orator atau seseorang yang berpidato.

Sebelum berpidato, orator harus memahami isi teks pidato. Teks pidato yang baik memiliki bagian-bagian di dalamnya, yaitu salam pembuka, kalimat salam, kalimat pembuka, isi, kalimat penutup, dan salam penutup.

Berikut penjelasan dari bagian-bagian teks ucapan!

  1. Salam Pembukaan
    Sambutan biasanya terletak pada teks pidato di awal pembukaan pidato. Misalnya selamat pagi, semoga sukses, atau Assalamu & # 39; alaikum Wr.Wb.
  2. Kalimat Pembuka
    Kalimat pembuka merupakan bagian dari teks pidato yang berisi kalimat ucapan selamat kepada hadirin. Misalnya, kepala sekolah yang saya hormati.
  3. Isi
    Isi pidato merupakan bagian dari teks pidato yang memuat intisari informasi yang ingin disampaikan dan dibahas dalam pidato tersebut.
  4. Kalimat Penutup
    Kalimat penutup pidato merupakan bagian dari teks pidato yang berisi kesimpulan, harapan, dan permintaan maaf kepada audiens jika ada kesalahan dalam mengatakan dan juga penyampaian pidato yang mungkin menyinggung.
  5. Penutupan
    Salam penutup merupakan bagian dari teks pidato yang menutup pidato. Misalnya selamat pagi terima kasih, dan Wasalamu & # 39; alaikum Wr.Wb.

Mengidentifikasi Teks Ucapan

Seorang pemimpin sangat membutuhkan kemampuan berpidato, karena pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar berpikir dan bertindak sesuai himbauan yang disampaikan, serta memberikan pengertian atau informasi melalui pidato yang disampaikan.

Langkah-langkah dalam menulis teks pidato meliputi:

  1. Tentukan topik atau tema pidato
    Topik atau tema sebaiknya disesuaikan dengan momen-momen tertentu, sehingga memiliki makna dan kegunaan bagi pendengarnya.
  2. Kumpulan referensi bacaan
    Referensi pidato biasanya bisa didapat dari pengalaman, hasil penelitian, imajinasi, ensiklopedia, atau hasil internet.
  3. Rancang teks pidato
    Rancangan teks tuturan biasanya disusun sesuai dengan struktur tuturan berupa salam pembuka, kalimat pembuka, isi, kalimat penutup, dan salam penutup.
  4. Seri pidato
    Draf teks pidato yang telah dibuat, harus digabungkan menjadi teks pidato lengkap. Perhatikan kalimat efektif dan gunakan kata standar saat menyusun teks pidato.
  5. Latihan membaca pidato
    Berlatihlah membaca teks pidato yang Anda buat. Saat berlatih, perhatikan pengucapan dan intonasi.

Tujuan dan Fungsi Pidato

Tujuan

Pidato biasanya bertujuan untuk melakukan satu atau lebih hal, seperti:

  1. Memberikan informasi atau pemahaman untuk orang lain.
  2. Mempengaruhi orang lain agar mau menuruti keinginan kita tanpa paksaan atau sukarela.
  3. Buat orang lain senang dengan pidato yang menghibur, sehingga orang lain akan senang dan merasa puas dengan apa yang kita katakan kepada mereka.

Fungsi

Pidato biasanya memiliki beberapa fungsi, seperti:

  1. Dapat memfasilitasi komunikasi antara atasan dan bawahan.
  2. Dapat memfasilitasi komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  3. Dapat menciptakan kondisi yang kondusif dimana hanya satu orang yang diwajibkan untuk berpidato atau orasi.

Kemampuan berpidato atau berbicara juga dapat memudahkan kita untuk mencapai jenjang karir yang baik. Oleh karena itu dalam berpidato gaya bahasa, penampilan, dan ekspresi kita harus diperhatikan dan kita harus selalu percaya diri dalam menyampaikan isi pidato kita, agar orang yang mendengar dan melihat pidato kita merasa tertarik dan dapat dipengaruhi oleh tuturan kita. Kirim.

Jenis atau Metode dalam Pidato

Pidato biasanya memiliki beberapa jenis atau metode, tergantung pada apakah ada waktu untuk mempersiapkan kita untuk pidato dan apakah kita menggunakan teks pidato tersebut atau tidak. Berikut ini adalah jenis-jenis atau metode berpidato, di antaranya:

Pidato Dadakan

Pidato dadakan biasanya dilakukan secara spontan, karena orang yang menyampaikan pidato dipanggil tiba-tiba sehingga tidak ada kesiapan untuk merancang pidato yang akan disampaikan. Bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman dalam berbicara, pidato dadakan harus dihindari.

Pidato dadakan juga memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti:

Keuntungan menggunakan pidato dadakan:

  • Tuturan dadakan lebih mampu mengungkapkan perasaan pembicara yang sebenarnya, karena berbicara dengan berbicara tidak memikirkan terlebih dahulu pendapat yang akan ia sampaikan.
  • Informasi atau ide dan opini muncul secara spontan, sehingga tampak segar dan hidup.

Kerugian menggunakan pidato dadakan:

  • Itu membuat pembicara tetap berpikir, yang dapat membuat yang tidak berpengalaman gugup.
  • Pidato dadakan juga bisa mengarah pada kesimpulan mentah, karena basis pengetahuannya tidak mencukupi.
  • Pidato dadakan juga mengakibatkan penyampaian yang tidak mulus dan tidak lancar.
  • Informasi atau ide yang disampaikan dapat tidak teratur dan tidak penting.
  • Pidato dadakan juga dapat menyebabkan demam panggung bagi pembicara yang kurang pengalaman dan kesiapan.

Pidato Naskah

Pidato naskah biasanya menggunakan naskah, demikian yang disebut pembawa pidato Baca pidato bukan Kirim pidato, karena pembicara pidato membaca naskah pidato dari awal sampai akhir. Sebuah naskah pidato perlu dilakukan jika isi pidato yang disampaikan tidak boleh ada kesalahan.

Naskah pidato juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam berpidato, antara lain:

Keuntungan menggunakan pidato manuskrip:

  • Kata-kata yang digunakan dalam pidato dapat dipilih dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menyampaikan informasi dan tujuan yang benar serta pernyataan yang jelas.
  • Dapat berbicara dengan lancar karena kata-kata telah disiapkan dalam bentuk naskah.
  • Naskah pidato dapat menyimpan pernyataan, karena naskah dapat diatur ulang.
  • Naskah juga dapat diterbitkan atau direproduksi.
  • Dapat menghindari hal-hal yang menyimpang dan tidak penting.

Kekurangan menggunakan naskah pidato:

  • Komunikasi antara pembaca pidato dan pendengar pidato akan berkurang, karena pembicara pidato tidak berbicara langsung kepada mereka.
  • Penutur tuturan biasanya tidak dapat melihat penutur tuturannya dengan baik, karena penutur tuturan lebih berkonsentrasi pada teks tuturannya sehingga akan kehilangan gerak dan kaku.
  • Umpan balik pendengar tidak dapat mengubah, memperpendek atau memperpanjang pesan ucapan.
  • Membuat teks ucapan membutuhkan waktu lebih lama.

Pidato Penghafal

Pidato kenangan biasanya ditulis dalam bentuk naskah tetapi pembicara harus menghafalnya kata demi kata. Jenis tuturan ini menuntut penutur memiliki kemampuan menghafal teks tuturan dan mengingat kata-kata dalam naskah dengan baik.

Baca:  Teks Pidato Persuasif: Definisi, Karakteristik, Struktur, dan Contoh

Penghafal pidato juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam berpidato, antara lain:

Keuntungan menggunakan penghafal ucapan:

  • Kata-kata yang digunakan dalam pidato dapat dipilih dengan baik karena dipersiapkan dengan baik dan baik.
  • Jika pembicara memiliki kemampuan menghafal yang baik, pembicara akan berbicara dengan lancar.
  • Gestur dan gestur yang bisa diintegrasikan dengan deskripsi.

Kerugian menggunakan penghafal ucapan:

  • Tuturan yang akan ditampilkan terlihat datar dan monoton, sehingga pembicara kurang mampu menarik perhatian pendengar.
  • Komunikasi antara penutur dan pendengar akan berkurang karena penutur fokus menghafal kata-kata ucapan dalam teks naskah, jika penutur tidak memiliki kemampuan menghafal yang baik.
  • Pemroses ucapan membutuhkan banyak waktu.

Pidato Kontemporer

Pidato sering kali digunakan oleh penutur wicara yang berpengalaman dan mahir karena jenis ucapan ekstrem itulah yang paling berhasil. Pada jenis penyampaian tuturan yang bersifat pranata ini, penutur tuturan biasanya hanya menyiapkan garis besar "garis luar" dan poin-poin bahasa pendukung hanya "titik pendukung".

Penutur pidato tidak diharuskan untuk menghafal atau menghafal kata-kata dalam naskah. Garis besar biasanya menjadi pedoman untuk mengatur ide-ide yang ada di benak kita. Jenis pidato tanpa persiapan ini membutuhkan latihan intensif dan banyak pengalaman dalam pidato untuk pembicara pidato.

Seperti halnya jenis tuturan yang lain, tuturan ekstemporan juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam berpidato, antara lain:

Keuntungan menggunakan pidato panjang:

  • Komunikasi antara penutur dan pendengar lebih baik karena penutur pidato berbicara langsung kepada pendengar.
  • Pesan atau informasi yang disampaikan bisa fleksibel untuk diubah sesuai kebutuhan dan penyampaiannya pun lebih spontan.

Kerugian menggunakan pidato panjang:

  • Penutur pidato membutuhkan latihan intensif dan banyak pengalaman dalam berbicara untuk pembicara pidato.
  • Kemungkinan untuk menyimpang dari garis besar sangat banyak.
  • Penutur pidato juga bisa tertahan karena kesulitan memilih kata.

Tujuan Teks Pidato

Pada beberapa jenis atau metode di atas, dapat disimpulkan bahwa teks pidato sangat penting bagi orator atau penutur dalam berpidato, terutama bagi penutur yang belum memiliki banyak pengalaman dalam berpidato.

Ada beberapa tujuan, mengapa teks pidato merupakan salah satu hal terpenting bagi seseorang yang akan memberikan pidato. Tujuan pembuatan teks pidato antara lain:

  1. Memudahkan seseorang yang akan berpidato menyampaikan ide, informasi atau gagasan kepada masyarakat luas secara langsung.
  2. Dapat memberikan inspirasi bagi seseorang yang akan berpidato untuk berimprovisasi sesuai dengan kebutuhan pendengar dan juga kebutuhan pendengar pidato tersebut.
  3. Membatasi penyampaian informasi agar lebih padat dan fokus sehingga tidak terjadi penjelasan atau informasi yang rumit dan bertele-tele selama berpidato.
  4. Dapat mengantisipasi terjadinya tuturan pertama yang sering terjadi karena seseorang yang sedang berpidato lupa akan perkataannya. Ini biasanya terjadi karena orang yang berpidato mengalami demam panggung atau gugup saat berpidato.

Contoh pidato

Lihat beberapa contoh pidato di bawah ini!

Contoh Pidato Tentang Narkoba

Assalamu & # 39; alaikum Wr. Wb.

Kepada Kepala Sekolah, Bapak / Ibu Guru dan Staf Tata Usaha yang terhormat

Serta siswa yang saya cintai

Pada hari ini marilah kita puji hadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan rahmat-Nya sehingga kita bisa berkumpul disini dengan keadaan jiwa dan raga yang sehat.

Seperti kita ketahui, negara kita menemukan fakta baru, yaitu banyaknya pengguna narkoba. Akibat lemahnya penegakan hukum di Indonesia, para dealer internasional dapat bekerja sama secara bebas dengan warga negara Indonesia untuk menyebarkan obat-obatan terlarang tersebut di negara kita. Penyalahgunaan obat-obatan dan zat tambahan semacam ini tentunya berdampak luas dan kompleks bagi kita semua. Salah satu contoh dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, penurunan produktivitas kerja yang drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

Namun bapak ibu sekalian dan pelajar, sebenarnya kita dapat mencegah penyalahgunaan narkoba ini melalui program-program yang telah diadakan oleh pemerintah dan panti sosial dan kelompok sosial. Program ini seperti mengikuti kegiatan sosial, bukan bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba. Karena remaja lebih mudah dan rentan untuk mencoba hal-hal baru, maka pengguna narkoba di negara kita juga didominasi oleh remaja dan anak sekolah.

Selain kegiatan-kegiatan yang sudah saya sebutkan sebelumnya, sebenarnya sekolah sudah sering memberikan penyuluhan kepada siswa tentang bahaya dan akibat penyalahgunaan narkoba melalui guru BP, kemudian melalui diskusi yang melibatkan siswa dalam perencanaan intervensi dan seminar. Seminar pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program penting lainnya adalah program Siaga Narkotika dengan mengenali karakteristik pelajar yang menggunakan narkoba, mengetahui tamu atau pengedar yang tidak dikenal, melalui razia dadakan.

Biasanya para distributor dan pengguna di sekolah sudah sangat paham dengan program-program di sekolah untuk mencegah pengguna atau pengguna di sekolah. Mereka tentu saja mengantisipasinya sebaik mungkin. Tidak peduli seberapa pintar trik mereka, sepintar tupai melompat, akhirnya Jath juga. Mereka sangat pandai menghindari deteksi sekolah, tetapi mengingat sifat adiktif obat-obatan dan permintaan dosis yang lebih tinggi, disiplin tentang metode yang aman juga akan terungkap.

Untuk itu, yuk hindari dan jauhi ikut serta dalam pemberantasan pengguna narkoba. Demikian pidato yang bisa saya sampaikan pada siang hari ii, jika ada kesalahan dalam berbicara mohon maaf. Terima kasih atas perhatian Anda.

Wassalamualaikum wr. wb.

Pemuat
Memuat …

Logo EAD
Terlalu lama?

Muat ulang Muat ulang dokumen

|

Buka Buka di tab baru

Unduh [15.27 KB]

Contoh Pidato Memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon

Selamat pagi

Dear Bapak / Ibu guru dan teman-teman semua.

Salam sehat untuk kita semua.

Pertama-tama saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan anugerah kesehatan dan kebersamaan kepada kita dalam memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon, hari ini tanggal 10 Januari.

Tamu yang terhormat,

Peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga hutan. Hutan sebagai salah satu sumber daya alam berfungsi menyerap dan menyimpan air, mencegah banjir dan longsor, serta berperan sebagai paru-paru dunia. Namun, kini banyak hutan yang rusak. Hal tersebut tentunya akan mengganggu kenyamanan manusia, hilangnya habitat hewan, dan dampak besarnya adalah pemanasan global. Oleh karena itu, mari kita lakukan gerakan menanam pohon.

Wanita dan pria,

Semoga pidato yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga kita semua bisa menjalankan tanggung jawab kita dalam menjaga kelestarian hutan agar bisa terus menikmati manfaatnya. Sekian pidato saya. Jika ada kekurangan mohon maaf. Atas perhatian Bapak / Ibu guru dan teman-teman, saya ucapkan terima kasih.

Selamat pagi.

Pemuat
Memuat …

Logo EAD
Terlalu lama?

Muat ulang Muat ulang dokumen

|

Buka Buka di tab baru

Unduh [14.13 KB]

5
/
5
(
2

suara
)

Contoh Pidato Posting: Definisi, Isi, Jenis, Fungsi dan Tujuan muncul pertama kali di Nekopencil.

Share